SlameTux

Merayakan Malam Pergantian Tahun di Taman Bungkul - Surabaya

1 Jan 2014 - 12:15 WIB

Bertempat di taman yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai taman terbaik se ASIA (katanya sih), apalagi kalau bukan Taman Bungkul yang terletak di kota Surabaya. SlameTux merayakan pergantian malam tahun baru di Taman Bungkul - Surabaya untuk yang pertama kalinya bersama dengan beberapa temans google Ambassador dan juga temans dari Google Bussiness Group (GBG) Surabaya. Aku dan beberapa teman diajak oleh Rialyzara yang merupakan Google Student Ambassador dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk menghadiri acara #IndonesiaOnly pada malam pergantian tahun baru (31 Desember 2013-1 Januari 2014) yang diadakan di Taman Bungkul.

Kelompok dari #SakeraMadura di #IndonesiaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Kelompok dari #SakeraMadura di #IndonesiaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Sebenarnya undangan datangnya dari telusuRI dan dilanjutkan oleh GBG Surabaya kemudian ditujukan kepada Ria, dan dari dialah aku dan beberapa teman diajak untuk mengikuti acara tersebut. Acara #IndonesiaOnly ini diadakan serentak di seluruh Indonesia, dan untuk di Jawa Timur diletakkan di Surabaya. Jadi perwakilan dari Pulau Madura ada sekitar 15 motor dengan 30 orang sebagai #SakeraMadura yang datang ke #IndonesiaOnly. Registrasi peserta dan pembagian swag (berupa IdCard, PIN, da Slayer) dimulai sekitar jam 19.30 WIB hingga jam 20.00 WIB. Dilanjutkan dengan opening dari GBG Surabaya Manager dan pengarahan oleh panitia kepada seluruh peserta (total peserta ada sekitar 50an orang). Dan dari sekian banyak peserta, kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, dan salah satu spot berada di jl Darmo (area Taman Bungkul).

Seluruh Peserta dan Panitia GBG Surabaya di #IndonesaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Seluruh Peserta dan Panitia GBG Surabaya di #IndonesaOnly Taman Bungkul - Surabaya

Perjalanan untuk hunting foto (Photowalk) dimulai dari jam 21.00 hingga 01.00 WIB. Jadi semua peserta menuju spot maing-masing dan mendokumentasikan pesta rakyat yang ada di spot tersebut. Ada beberapa kegiatan yang harus kami (para peserta lakukan, mulai dari mencari objek yang bagus dan mendapatkan momen yang tepat dalam sebuah foto (Photowalk). Eist bukan hanya difoto saja namun setelah itu dibiarkan, tidak. Kami disuruh untuk mengupload gambar atau foto orisinil ke akun G+ masing-masing dengan mention ke akun +telusuRI dan ditambahkan hastag #IndonesiaOnly #NYEve2014 #SurabayaPahlawan serta #SakeraMadura (untuk nama kelompok atau group yang berasal dari Pulau Madura). Tak hanya mengunggah foto kegiatan pesta rakyat yang ada di sana, namun kita harus memberikan sedikit penjelasan terhadap foto yang kita unggah atau upload tersebut dengan menggunakan bahasa inggris (katanya IndonesiaOnly tapi kok memakai bahasa inggris). Foto yang kita unggah harus dibagikan ke publik, dan syarat tersebut hanya berlaku untuk akun sosial media G+ tidak untuk akun sosial media yang lainnya.

Euforia Ribuan Masyarakat Surabaya Membanjiri Taman Bungkul - Surabaya

Euforia Ribuan Masyarakat Surabaya Membanjiri Taman Bungkul - Surabaya

Setelah acara photowalk selesai, kami semua berkumpul lagi di Taman Bungkul untuk melihat perayaan kembang api yang dibuka langsung oleh walikota Surabaya. Sekitar 15 menit kembang api meluncur ke udara, dan euforia seluruh masyarakat Surabaya mulai termuntahkan. Teriakan kegembiraan mulai terdengar dan ekspresi keceriaan mulai terpampang dari wajah mereka masing-masing. Baik yang tua hingga yang paling muda, baik laki-laki hingga perempuan semuanya membaur jadi satu. Kita semua berkumpul di satu tempat yakni Taman Bungkul - Surabaya tanpa adanya sekat-sekat yang memisahkan kami semua di sana. Tak hanya puluhan orang yang menghadiri dan menikmati perayaan malam pergantian tahun, namun ada ratusan hingga ribuan orang bahkan puluhan ribu dan ratusan ribu orang memenuhi jalan kota Surabaya. Taman Bungkul penuh sesak akan lautan manusia, jalananpun seperti sungai manusia yang mengalir dari berbagai penjuru hingga bersatu di Taman Bungkul.

Selepas mengikuti perayaan kembang api di Taman Bungkul, kemudian para peserta #IndonesiaOnly digiring ke salah satu tempat di daerah Jl. Jemur Andayani (masih di Surabaya) tepatnya di Kantor Jagoan Hosting untuk mengikuti Barbeque Party. Di sana kami semua mulai bakar-bakar Jagung, Pentol atau Cilok, dan juga memanggang Ayam. Semua dilakukan langsung oleh para peserta dan panitia #IndonesiaOnly di depan kantor Jagoan Hosting - Surabaya. Waktupun terus berjalan hingga akhirnya memaksa kita untuk kembali ke tanah Madura, sekitar jam 3.30 WIB kami semua yang dari Pulau Madura pulang melewati Jembatan Suramadu. Hal ini karena kapal penyeberangan dari Pelabuhan Perak - Surabaya ke Pelabuhan Kamal - Madura sudah tidak beroperasi lagi. Terakhir beroperasi jam 12 malam dan baru beroperasi lagi jam 5 pagi. Apabila temans blogger ingin melihat hasil foto kegiatan #IndonesiaOnly yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada saat pergantian malm tahun baru, bisa dilihat di akun G+ masing-masing dengan menggunakan hastag #IndonesiaOnly atau juga bisa mengunjungi akun G+ dari telusuRI.


TAGS   2014 / Tahun Baru / SlameTux / SakeraMadura / IndonesiaOnly / Taman Bungkul / Surabaya /


Author

Blogger yang berasal dari sebuah pulau di ujung timur Surabaya, sebut saja Pulau Madura, dengan segala keterbatasan untuk terus bisa berbagi informasi dengan sesama. Aktif di berbagai jejaring sosial sebagai traveller, fotografer, designer, content writer, dan buzzer. Serta memiliki hobi jalan-jalan, fotografi, desain, dan mengulas sebuah produk / jasa.

Recent Post

Recent Comments

Archive